IMPLEMENTASI APLIKASI DAN KASIR ANDROID PADA PENJUALAN DI WARUNG SEBLAK KIKI PARIS KHAS BANDUNG

Authors

  • Siti Aisyah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Mira Nur Aisah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Mentari Kinanti Surya Sirait Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Putri Gusniati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Tria Wardhani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.30640/cakrawala.v2i1.579

Keywords:

Implementasi aplikasi, strategi, pemasaran

Abstract

Pada saat ini era perkembangan zaman semakin canggih dan terus berkembang, yang memberikan dampak banyak pada kalangan masyarakat, baik dari usia muda hingga sampai yang tua. Terlebih lagi dalam semua kegiatan hampir melakukan teknologi yang sudah ada tren saat ini. Contohnya dalam bidang industri maupun UMKM. Yang sekarang sudah jauh berbeda pemanfaatan pada sekarang ini. Untuk itu, banyaknya alat yang digunakan dalam melakukan kegiatan UMKM, baik dari strategi, pemasaran maupun produksi. Tujuannya ialah memperkenalkan suatu aplikasi dan alat yang mudah digunakan pada kalangan UMKM untuk guna meningkatkan kinerja maupun kefektifan dalam melakukan penjualan maupun transaksi dalam berbasis teknologi. Tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini ialah meningkatkan kesadaran dalam memanfaatkan aplikasi penjualan dan juga alat pembayaran. Subjek sasaran adalah owner seblak Kiki Paris. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini ialah edukasi, tanya jawab dan simulasi. Target luaran program ini adalah artikel ilmiah yang dipublikasikan, modul penggunaab aplikasi artisan, logbook kegiata. pelatihan aplikasi artisan, lapiran kegiagan aplikasi artisan dan dokumentasi. Hasil dari pengabdian ialah untuk memberikan manfaat dan memberikan informasi untuk cara meningkatkan penjualan serta dengan memudahkan proses pembayaran dengan melalui aplikasi dan alat kasir digital.

References

Ariani, A. dan Utomo, M. N. (2017). Kajian Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kota Tarakan. Jurnal Organisasi Dan Manajemen, 13(2), 99–118. https://jurnal.ut.ac.id/index.php/jom/article/view/55

Hermawan, A. dan Pravitasari, J. (2013). Business Model Canvas ( Kanvas Model Bisnis ). Akselerasi.Id.

Nugraheni, A.P., Pramudyastuti, O.L. dan Sunaningsih, S. N. (2020). Strategi Pelaku UMKM Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi & Perpajakan Jayakarta, 2(1), 45–52. http://journal.stiejayakarta.ac.id/index.php/JAPJayakarta/article/view/45/33

Putro, B.E. dan Sopyan, N. A. (2020). Optimalisasi Pemanfaatan Pekarangan Untuk Pemberdayaan Pangan Mandiri Berbasis Teknologi Hidroponik. Ikraith-Abdimas, 3(3), 137–146.

Saliq, N. C. (2017). Peranan Pengembangan Produk Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Busana Muslim Di Usaha Dagang (Ud) Eva Indah Tulungagung.

Sovitriana, R., Effendi, M.S. dan Trisnawati, N. (2019). Membangun Koperasi melalui USAha Kecil dan Menengah (UKM) di Desa Setia Mekar Kecamatan Tambun Kabupaten Bekasi Selatan. Ikra-Ith Abdimas, 2(2), 26–30.

Suharli, M. (2006). Akuntansi Untuk Bisnis Jasa dan Dagang. (Graha Ilmu (Ed.)).

Sumber: Desa Melati ll, Perbaungan. Kabupaten Serdang Bedagai. (2022).

Sumber: Monografi, Desa Melati ll, Perbaungan. Kabupaten Serdang Bedagai. (2022).

Suwardjono. (2005). Teori Akuntansi Perekayasaan Pelaporan Keuangan. (BPFEYOGYAKARTA (Ed.)).

Syardiansah, S. (2019). Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian Dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 7(1), 57.

Utami, B. S. A. (2021). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Sektor Usaha di Indonesia. Journal FEB Unmul, 17(1), 1–9.

Downloads

Published

2023-01-07

How to Cite

Siti Aisyah, Mira Nur Aisah, Mentari Kinanti Surya Sirait, Putri Gusniati, & Tria Wardhani. (2023). IMPLEMENTASI APLIKASI DAN KASIR ANDROID PADA PENJUALAN DI WARUNG SEBLAK KIKI PARIS KHAS BANDUNG. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 2(1), 01–13. https://doi.org/10.30640/cakrawala.v2i1.579